HOTLINE : +62123456788 EMAIL : info@eduplan.co.id :
Eduplan.co.id
SHARE :

Biaya Kuliah di Singapore Dalam Rupiah Terbaru

9
12/2020
Kategori : news / Singapore
Komentar : 0 komentar
Author : anggiev


Ingin Kuliah di Singapura? Cek Biaya Kuliah di Singapore

Singapura atau negara yang disebut-sebut singa ini merupakan negara maju dengan sistem pendidikan tinggi bertaraf internasional. Salah satu negara ASEAN yang maju, tidak heran jika banyak orang dari berbagai negara menginkan untuk menempuh pendidikan di negara tersebut. Ada banyak perguruan tinggi atau universitas, institut dan lembaga pendidikan tinggi lainnya yang bermutu.

Bahkan beberapa diantaranya masuk dalam 100 universitas terbaik di dunia. Hal menarik lain yang membuat seseorang memilih untuk kuliah di negara ini adalah biaya kuliah di Sangapore yang cenderung terjangkau. Setiap tahunnya juga menerima mahasiswa ribuan dari manca negara dan ratusan dari negara Indonesia baik jalur beasiswa atau mandiri.

Alasan Kuliah di Singapura

Selain yang dijelaskan di atas, ada banyak alasan mengapa seseorang lebih memilih untuk kuliah di Singapura. Bebrapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kondisi sosial, politik dan juga ekonomi yang stabil, sehingga sangat jarang ditemui konflik yang membuat ketidaknyamanan. Selain itu, tidak ada perbedaan perlakuan antara mahasiswa asing dan asli Singapura sehingga dapat menerima mahasiswa tersebut dengan baik.
  2. Selain negara maju dengan teknologi dan juga fasilitas kelas dunia, Singapura juga negara yang aman, bersih dan rapi sehingga akan lebih betah hidup di sana.
  3. Kualitas pendidikan bermutu tinggi dan internasional juga durasi kuliah yang lebih cepat dimana S1 di sana hanya maksimal 3 tahun.
  4. Dengan kuliah di sana juga menadapatkan kesemapatan untuk mendpaatkan gelar sarjana dari berberapa universitas ternama di Amerika Serikat, Australia maupun Inggris dengan biaya kuliah yang terjangkau.
  5. Mendapatkan kesempatan untuk menduduki sebuah posisi yang lebih baik di perusahaan tempat kerja karena lulusan internasional. Sehingga memiliki kesempatan jenjang karir yang sukses.

Itulah beberpa alasan mengapa memilih kuliah di Singapura oleh sebagian orang. Bagi orang indonesia khususnya, dapat kuliah di luar negeri seperti Singapura walaupun dengan biaya kuliah yang terjangkau tetap saja lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapore

Biaya kuliah di Singapore antara perguruan tinggi yang satu dan satunya berbeda. Bahkan biasanya setiap bidang studi memiliki biaya yang berbeda walaupun masih dalam satu kampus. Adapun rata-rata biaya kuliah untuk diploma per tahunnya jika dicairkan dalam bentuk rupiah, maka dapat menghabiskan biaya kurang lebih sekitar 60 juta rupiah sampai dengan 180 juta rupiah. Dengan durasi kuliah untuk Diploma di Singapura 12-18 bulan sudah termasuk magang 6 bulan.

Berbeda dengan sarjana dan magister. Untuk sarjana dapat menghabiskan biaya kuliah sebesar 300 juta sampai 600 juta rupiah untuk satu tahunnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa durasi kuliah untuk program sarjana di Singapura lebih cepat yang biasanya 4 tahun, hanya 3 tahun.

Sedangkan untuk program magister atau pascasarjana dapat menghabiskan biaya 300 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah per tahun dengan durasi kuliah umumnya 12 bulan atau 1 tahun. Jurusan medis dan juga non-medis juga memiliki perbedaan biaya yang cukup signifikan. Dimana untuk jurusan medis bisa menghabiskan biaya kurang lebih 500 sampai dengan 900 juta rupiah per-tahun.

Tidak hanya itu, untuk Pre-University atau Foundation di Singapura juga biaya kuliah kurang lebih 12.000 sampai 18.000 dolar Singapura yang jika dirupiahkan sekitar 119 sampai 178 juta rupiah. Adapun durasi untuk Pre-University ini sekitar 2 sampai dengan 3 tahun. Kembali lagi bahwa setiap universitas memiliki biaya kuliah di Singapore yang berbeda.

Selain biaya kulih, bagi mahasiswa di Singapura yang berasal dari manca negara juga harus mempertimbangkan biaya hidup di sana. Dimana biaya hidup di sana dapat disesuikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing, walaupun Singapura terkenal dengan harga propertinya yang mahal.

Biaya yang dikeluarkan umumnya untuk biaya akomodasi, biaya makan, biaya transportasi, biaya utilitas dan biaya tak terduga lainnya. Untuk biaya makan dinilai cukup terjangkau tergantung dengan jenis makanan serta tempat makannya. Jika memutuskan untuk masak sendiri juga lebih hemat.

Dimana dalam sebulan yang maka sendiri untuk biaya makan sekitar 200 dolar Singapura. Sedangkan untuk yang makan di luar bisa menghabiskan biaya setengahnya atau bahkan lebih yakni SD 500- SD 600. Harga makanan termurah di sana sekitar 4 dolar Singapura.

Selanjutnya untuk biaya akomodasi. Besar kecilnya biaya penginapan tergantung dengan berbagai faktor seperti ketersediaan fasilitas rekreasi seperti kolam renang, peralatan yang digunakan, usia bangunan dan juga perumahan dekat dengan kota atau tidak. Semakin berteknologi dan terpenuhinnya faktor tersebut maka akan semakin mahal.

Ada beberapa jenis penginapan yang ada di Singapura yang dapat Anda sesuikan dengan budget seperti apartemen pribadi, menyewa hostel, paying guest,land property, HDB flat, atau kondominium. Untuk yang ingin lebih menghemat juga bisa dengan tinggal di asrama kapus dengan hiaya SD 210 sampai SD 570 atau sekitar 2 sampai 5 juta rupiah.

Sedangkan untuk biaya transportasi tergantung transportasi apa yang digunakannya. Tidak perlu khawatir sebab biayanya tidak terlalu mahal atau cukup terjagkau. Dapat dengan menggunakan transportasi umum seperti MRT atau tarif bus satu arah dengan biaya 16 ribu rupiah. Jika ditotal perbulannya dimana setiap hari melalukan perjalan dengan MRT bisa mencapai 1,5 juta rupiah per bulan.

Biaya utilitas sepeti biaya air, gas, listrik, air dan lain sebaginnya juga harus dipikirkan. Dalam sebulan bisa diperkirakan mencapai 2 juta rupiah. Belum dengan biaya layanan ponsel yang dapat mencapai 1 juta per bulan dan ditambah biaya internet yang bisa menghabiskan dan 500 ribu rupiah per bulan. Beluml agi dengan biaya langganan Televisi.

Selain biaya kuliah di Singapore dan biaya hidup di singapore pokok seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda juga harus memikirkan biaya lain seperti biaya rekreasi, biaya untuk membeli baju, perlengkapan elektronik, perlengkapan lain yang dibutuhkan dan lain sebagainnya. Demikian itulah beberapa biaya yang harus diperhatikan.

3 Universitas Terbaik di Singapura

Berikut ini universitas terbaik di Singapura yang dapat menjadi gambaran bagi Anda yang ingin melanjutkan studi di Singapura, sehingga segala sesuatunya dapat dipersiapkan mulai dari saat ini mengingat setipa perguruan memiliki kualifikasi yang berbeda.

  1. National University of Singapore (NUS)

Universitas ini adalah universitas terbaik dan tertua di Singapura dan masuk 30 universitas terbaik di dunia. Universitas ini lebih ke penelitian dengan 16 fakultas di dalamnya.

  1. Nayang Technology University (NTU)

NTU ini adalah universitas terbaik untuk bidang Teknik yang ada di Singapura. Jurusan yang diandalkan seperti teknik, seni dan ilmu sosial, bisnis, humaniora dan kedokteran.

  1. Singapore Management University (SMU)

Universitas yang satu ini berpusat di ibu kota dengan biaya kuliah program sarjana yang cukup terjangkau yakni 120 juta rupiah pertahunnya.

Demikian itulah beberapa penjelsan mengenai kuliah di Singapura dan biaya kuliah di Singapore yang harus dipertimbangkan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Biaya Kuliah di Singapura dan lebih detail lagi mengenai universitas yang ada di Singapura, silahkan hubungi konsultan pendidikan luar negeri yang bisa membantu dalam proses pendaftaran kuliah di singapore.

 

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar