HOTLINE : +62123456788 EMAIL : info@eduplan.co.id :
Eduplan.co.id
SHARE :

8 Alasan Harus Kuliah di Jerman

9
12/2020
Kategori : news / Umum
Komentar : 0 komentar
Author : anggiev


Alasan Kuliah di Jerman Bagi Para Mahasiswa Di Indonesia

Sekarang ini, banyak calon mahasiswa asal Indonesia memilih benua Eropa sebagai tujuan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, baik itu mengambil gelar diploma, sarjana, pasca sarjana, maupun doctoral. Negara yang berada di wilayah benua Eropa yang sering menjadi incaran calon mahasiswa yaitu Inggris, Perancis, Rusia, dan Jerman. Dari keempat negara tersebur, sebagian besar calon mahasiswa Indonesia memilih Jerman sebagai tujuan favoritnya.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi Anda ke Eropa tapi masih bingung negara mana yang ingin Anda tuju maka Jerman dapat menjadi salah satu negara yang bisa menjadi pilihan Anda. Hal ini dikarenakan Jerman merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan ilmu dan gelar. Selama beberapa dekade, Jerman telah menikmati ekonomi yang sangat luar biasa dan standar hidup yang hampir tidak bisa dibandinkan dengan negara lainnya yang berada di benua Eropa. Untuk semakin meyakinkan Anda, berikut ini adalah beberapa alasan kuliah di Jerman

Apa Alasan Kuliah Di Jerman?

  • Jerman termasuk negara Eropa yang aman

Keamanan merupakan salah satu faktor penting ssebelum Anda dan orangtua Anda memutuskan untuk tinggal di suatu tempat yang baru. Maka dari itu, alasan kuliah di Jerman yang paling utama yaitu negara Jerman termasuk negara yang aman di benua Eropa. Selain merupakan negara aman, Jerman juga memiliki kualitas kehidupan yang sangat baik. Hal tersebutlah yang menjadikan negara Jerman termasuk negara yang rendah angka kriminalitasnya.

 

  • Memiliki kualitas yang diakui oleh dunia

Di jerman terdapat ratusan universitas dan semuanya terakreditasi baik. Sehingga semua universitas di Jerman memiliki kualitas yang baik dan sangat bermutu. Hal ini dibuktikan banyak universitas di Jerman yang masuk ke dalam 100 besar universitas terbaik di dunia. Uniknya di Jerman, kehadiran Anda di kelas tidak diperhitungkan untuk menentukan nilai Anda. Selain itu, tugas harian Anda juga tidak diperhitungkan untuk menentukan nilai. Tugas harian yang diberikan kepada dosen hanya bertujuan untuk memantapkan ilmu yang diserap agar nantiya Anda dapat mengingat materi yang diajarkan dan akan mempermudah Anda dalam ujian akhir nanti. Jadi, di Jerman yang bisa menentukan nilai Anda yaitu berupa mampu atau tidaknya Anda dalam menjawab soal Ujian.

Selain itu, di Jerman aspek praktikal juga sangat diperhatikan. Jadi bukan hanya teori saja. Pemerintah Jerman sangat mendukung sektor atau bidang pendidikan. Sehingga rata-rata universitas di Jerman memiliki fasilitas laboratorium praktek yang canggih dan berbagai fasilitas modern lainnya. Tentunya hal ini bertujuan untuk mendukung para mahasiswa baik mahasiswa lokal maupun internasional melakukan berbagai proyek penelitian.

 

  • Beberapa Universitas menggratiskan biaya kuliah

Di Jerman biaya kuliah di subsidi oleh Pemerintah, namun tidak semua universitas menggratiskan baiaya kuliah. Terdapat beberapa universitas di jerman yang tetap menetapkan biaya kuliah, meskipun biaya kuliah tersebut relatif terjangkau. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya mahasiswa internasional atau asing yang berdatangan untuk menuntut ilmu ke Jerman. Sementara itu, tidak mudah juga bagi masyarakat Jerman untuk sampai ke jenjang universitas dan tidak semua masyarakat Jerman bisa mengenyam pendidikan di Universitas. Hal ini dikarenakan hanya orang-orang yang memiliki nilai yang bagus saja yang diperbolehkan untuk masuk ke universitas.

 

  • Biaya hidup yang terjanglau

Alasan kuliah di Jerman yang selanjutnya yaitu biaya hidup di Jerman yang cukup terjagkau bila dibandingkan negara yang berada di benua Eropa lainnya. Di Jerman biasanya banyak mendapatkan potongan harga. Misal, menonton film, melihat pertunjukkan musik, dan tempat-tempat hiburan lainnya. Tidak sampai disitu saja, Untuk biaya transportasi, biaya sewa tempat tinggal pun mahasiswa di Jerman diberikan potongan harga. Semua potongan harga tersebut bukan hanya berlaku untuk mahasiswa internasional, tetapi juga berlaku untuk mahasiswa lokal. Jadi, untuk membayar semua itu, Anda hanya perlu menunjukkan kartu mahasiswa dan Anda akan langsung mendapatkan potongan harga.

 

  • Lulusan universitas di Jerman diakui oleh dunia

Karena di Jerman biaya kuliah di tanggung oleh Pemerintah, maka para mahasiswa harus berusaha dengan keras untuk bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Universitas di Jerman juga hanya mengadakan 1 kali ujian dan 2 kali pengulangan. Sehingga Anda harus berusaha dengan keras jika ingin menjadi lulusan di universitas tersebut. Maka dari itu, di Jerman hanya orang yang memenuhi standar kualitas yang bisa lulus. Karena itulah lulusan universitas di Jerman sangat diakui oleh dunia internasional. Penyebab itulah yang menjadi alasan kuliah di Jerman.

  • Peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Karena mahasiswa lulusan jerman diakui oleh dunia itulah yang menyebabkan Anda mendapatkan peluang pekerjaan lebih besar dibandingkan mahasiswa yang lulusan universitas di Indonesia. Tidak hanya itu, universitas-universitas di Jerman juga menjalin hubungan yang erat dengan beberapa perusahaan. Sehingga dapat membantu mahasiswa untuk mencari lowongan baik untuk magang kerja selama kuliah maupun bekerja setelah lulus. Pemerintah Jerman memberikan kesempatan mahasiswa internasiona yang sudah lulus untuk bekerja di Jerman selama 1,5 tahun. Kebijakan tersebut tentunya sangat membantu para mahasiswa Jerman yang baru lulus. Semua hal tersebut juga menjadi alasan kuliah di Jerman bagi para mahasiswa yang akan atau sedang kuliah di Jerman.

 

  • Dapat berpartisipasi dalam salah satu dari banyak program internasional

Selama Anda memiliki kecakapan akademik bahasa Inggris, akan ada program yang sesuai dengan minat. Sejumlah universitas di Jerman menawarkan program gelar bergengsi di bidang bisnis, sains, dan hurmaniora, dan seluruhnya menggunakan bahasa Inggris.

 

  • Memperlajari sejarah Jerman

Jerman kaya akan sejarahnya. Dari perang dunia II hingga perang dingin, Jerman telah menjadi panggung bagi beberapa konflik paling penting di abad ke 21. Anda akan menemukan pengingat masa lalu yang mana dalm bentuk monumen peringatan di seluruh wilayah yang ada di Jerman.

Beberapa Universitas Terbaik Di Jerman

Seperti yang sudah disingguntadi bahwa beberapa universitas di Jerman masuk kedalam 100 universitas terbaik di dunia. Lalu apa saja universitas terbaik yang ada di Jerman yang mana mahasiswa Indonesia dapat melanjutkan studinya. Berikut beberapa universitas terbaik di Jerman

  • Free University Berlin
  • University of Freiburg
  • LMU Munich
  • WHU-Otto Beisheim School of Management
  • University of Regensburg
  • Technical University of Munich
  • Heidelberg Univeristy of Gottingen
  • Humblodt University

Anda dapat mencari informasi mengenai universitas di website resmi universitas masing-masing. Universitas di Jerman juga menawarkan progam studi yang beragam. Jika ditotal dari seluruh universitas, terdapat lebih dari 16.000 program studi yang ditawarkan oleh universitas di Jerman dan 1000 diantaranya adalah program internasional. Beberapa program studi atau jurusan terbaik yang disediakan universitas di Jerman yaitu sejarah, fisika, kimia, kedokteran, dan filsafat. Sehingga jika Anda berniat untuk mengambil program studi yang berkaitan dengan teknik, sains, maupun teknologi, negara Jerman adalah negara yang tepat untuk Anda melanjutkan studi tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kuliah di Jerman. Kamu bisa menghubungi Konsultan Pendidikan Luar negeri yang bisa membantu proses kuliah di Jerman.

 

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar