HOTLINE : +62123456788 EMAIL : info@eduplan.co.id :
Eduplan.co.id
SHARE :

Singapore



Kuliah di Singapura

Indonesia memiliki beberapa negara tetangga yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai tujuan studi, seperti Singapura dan Malaysia. Namun, jika ingin melanjutkan ke negara tetangga yang sudah jelas kualitas pendidikannya, Singapura adalah pilihan yang tepat mengingat negara ini adalah satu-satunya negara yang berstatus sebagai negara maju di tengah-tengah negara berkembang di Asia Tenggara.

Keuntungan

Singapura menawarkan banyak keuntungan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di sana, yaitu sebagai berikut.

  1. Jaraknya dekat

Singapura merupakan negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia. Negara yang terletak di ujung Semenanjung Malaya ini dapat dicapai dengan mudah dari Pulau Sumatera. Artinya, dari segi zona waktu dan iklim, negara tetangga yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Meski akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, jarak yang dekat dan zona waktu yang tidak jauh berbeda tentunya menjadi salah satu kelebihan kuliah di Singapura.

  1. Lingkungan yang nyaman

Singapura dapat menyandang status sebagai negara maju karena lingkungannya yang sudah tertata dengan rapi. Di negara ini, pelajar Indonesia yang melanjutkan studi di sini akan disuguhi dengan lingkungan yang nyaman untuk ditinggali; bersih, rapi, dan aman. Tidak hanya itu, negara yang dikenal dengan patung Merlionnya ini menawarkan teknologi dan fasilitas kelas dunia kepada penduduknya.

  1. Kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang stabil

Singapura termasuk negara yang stabil baik dari kondisi sosial, ekonomi, dan politik. Artinya, jarang sekali ada konflik yang berarti di negara ini. Hal ini tentunya menjadi salah satu faktor penting yang menunjang kenyamanan bagi siapa saja yang datang dan tinggal di Singapura.

  1. Standar pendidikan yang tinggi

Sebagai negara maju, Singapura menawarkan pendidikan yang bermutu tinggi dengan standar internasional. Ini karena universitas di Singapura kebanyakan merupakan universitas rekanan ternama dari berbagai negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia.

  1. Biaya lebih terjangkau

Meski universitas yang ada di Singapura merupakan universitas rekanan ternama dari berbagai negara maju, tetap saja standar biayanya menggunakan standar Singapura. Artinya, melanjutkan studi di universitas rekanan ternama di Singapura ini biayanya lebih terjangkau dibanding melanjutkan studi ke Australia, Inggris, atau Amerika Serikat yang dikenal dengan biayanya yang sangat tinggi.

  1. Durasi studi cepat

Jika ingin melanjutkan studi dengan durasi kuliah yang cepat, kuliah di Singapura adalah alternatif yang tepat. Ini karena negara ini menerapkan sistem kuliah dengan durasi yang singkat, yaitu hanya 3 tahun untuk program sarjana atau bachelor degree.

Universitas Terbaik di Singapura

National Universiy of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) merupakan dua universitas terbaik yang ada di Singapura. Kedua universitas ini sama-sama menempati urutan ke-11 universitas terbaik yang ada di dunia berdasarkan versi QS World University Rangkings 2020. Menurut versi Times Higher Educations, kedua universitas ini juga masuk 50 besar dalam World University Rangkings.

  1. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore berdiri sejak 1905 sehingga dapat dipastikan bahwa universitas ini memiliki sejarah yang panjang hingga menjadi salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas yang menawarkan 370 program gelar untuk tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktoral ini dikenal dengan risetnya dalam bidang lingkungan, teknik, dan fisika. Selain itu, NUS juga dikenal dengan keberagaman pelajar serta staf universitas yang berasal dari lebih dari 100 negara.

  1. Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University memang tidak setua NUS. Universitas ini berdiri sejak 1981. Namun, universitas ini berkomitmen tinggi dalam hal riset di berbagai bidang seperti teknik, bisnis, seni, humaniora, ilmu sosial, dan kedokteran.

Biaya Kuliah

Untuk kuliah di Singapura, biaya yang harus disiapkan beragam tergantung dari program yang akan diambil. Ada empat program yang dapat diambil oleh pelajar dari negara lain yang ingin melanjutkan studi di negara ini, yaitu Pre-university atau Foundation, Diploma, Sarjana atau S1, dan Pascasarjana atau S2.

  1. Pre-university

Program Pre University di negara Merlion atau Singapura ini umumnya mempersiapkan siswa untuk GCE “A” level juga pada akhir tahun kedua atau ketiga SMA. Program pre-university ini berdurasi antara 2 hingga 3 tahun dengan biaya kuliah sekitar 12000 hingga 18000 dolar Singapura, yang jika dikonversikan ke dalam rupiah jumlahnya sekitar 119 hingga 178 juta rupiah per tahun.

  1. Diploma

Pelajar yang memutuskan untuk melanjutkan studi di Singapura dengan mengambil program Diploma memiliki banyak pilihan. Ini karena Singapura menawarkan program diploma yang variatif mulai dari bidang hospitality atau keramahtamahan, teknik, sampai bisnis dengan durasi studi yang singkat, yaitu antara 12 hingga 18 bulan. Durasi kuliah di Singapura dengan program Diploma ini biasanya sudah termasuk magang atau internship selama enam bulan atau lebih di industri yang sesuai dengan bidang sesuai yang diambil. Biaya kuliah untuk program ini umumnya berkisar anatara 12 hingga 25 ribu dolar Singapura. Jika dikonversikan ke dalam rupiah, biaya yang perlu dibayarkan ini sekitar 119 hingga 247 juta rupiah.

  1. Sarjana (S1)

Untuk program sarjana atau bachelor, Singapura menawarkan berbagai macam pilihan program dari institusi negeri maupun swasta. Durasi studi untuk program sarjana ini termasuk cepat di Singapura, yaitu 3 tahun. Biaya kuliah yang dibutuhkan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di negara ini adalah sekitar 198 hingga 593 juta rupiah per tahunnya atau 20 hingga 60 ribu dolar Singapura.

  1. Pascasarjana (S2)

Program master atau pascasarjana di Singapura umumnya dapat ditempuh dengan durasi waktu yang singkat, yaitu hanya satu tahun. Durasi studi master yang singkat ini sangat umum dan biasa diterapkan oleh sebagian besar institusi pendidikan di Singapura baik institusi negeri maupu swasta. Untuk biayanya, kuliah di Singapura dengan program master ini membutuhkan 30 hingga 70 ribu dolar Singapura atau sekitar 296–692 juta rupiah.

Dari uraian di atas, cukup jelas jika biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di Singapura masih cukup terjangkau jika dibandingkan dengan biaya kuliah di negara maju yang ada di belahan bumi lainnya. Selain biaya pendidikan yang terjangkau, biaya hidup yang dibutuhkan di negara ini juga terbilang terjangkau. Jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, biaya hidup di Singapura memang yang paling tinggi mengingat status negara ini yang termasuk negara maju. Namun, jika dibandingkan dengan negara maju lain seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Australia, biaya hidup di Singapura masih lebih terjangkau, yaitu sekitar 750 hingga 2000 dolar Singapura. Biaya ini setara dengan 7,5 hingga 20 juta rupiah per bulannya. Cukup banyak jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Namun, biaya hidup ini masih dapat diatur tergantung dari gaya hidup masing-masing.